Rahasia untuk Tidak Pernah Sakit

Kebanyakan rahasia untuk kesehatan yang baik bukanlah rahasia sama sekali, tetapi akal sehat. Misalnya, Anda harus menghindari kontak dengan bakteri dan virus di sekolah dan bekerja. Namun, sejumlah solusi lain yang bisa membantu Anda hidup lebih sehat sambil menghindari pilek atau tenggorokan yang membubung.

Berikut adalah 12 tips untuk mencegah pilek dan flu.

1. Makan sayuran hijau

Sayuran berdaun hijau kaya akan vitamin yang membantu Anda mempertahankan diet seimbang - dan mendukung sistem kekebalan tubuh yang sehat. Menurut sebuah studi tentang tikus, makan sayuran silangan mengirim sinyal kimia ke tubuh yang meningkatkan protein permukaan sel khusus yang diperlukan untuk fungsi sistem kekebalan tubuh yang efisien. Dalam studi ini, tikus sehat yang kekurangan sayuran hijau kehilangan 70 hingga 80 persen protein permukaan sel.

2. Dapatkan Vitamin D

Laporan menunjukkan bahwa banyak orang Amerika gagal memenuhi persyaratan vitamin D harian mereka. Kekurangan vitamin D dapat menyebabkan gejala seperti pertumbuhan tulang yang buruk, masalah kardiovaskular, dan sistem kekebalan tubuh yang lemah.

Hasil dari studi 2012 dalam jurnal Pediatrics menyarankan bahwa semua anak harus diperiksa untuk tingkat vitamin D yang cukup. Ini sangat penting bagi mereka yang berkulit gelap, karena mereka tidak mendapatkan vitamin D dengan mudah dari paparan sinar matahari.

Makanan yang merupakan sumber vitamin D yang baik termasuk kuning telur, jamur, salmon, tuna kaleng, dan hati sapi. Anda juga dapat membeli suplemen vitamin D di toko kelontong atau apotek setempat. Pilih suplemen yang mengandung D3 (cholecalciferol), karena itu lebih baik untuk meningkatkan kadar vitamin D darah Anda.

Berbelanja untuk vitamin D.

3. Terus bergerak

Tetap aktif dengan mengikuti rutinitas olahraga yang teratur - seperti berjalan tiga kali seminggu - tidak lebih dari membuat Anda bugar dan langsing. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Neurologic Clinicians, olahraga teratur juga:

    menjaga peradangan dan penyakit kronis di teluk
    mengurangi stres dan pelepasan hormon terkait stres
    mempercepat sirkulasi sel darah putih yang melawan penyakit (leukosit), yang membantu tubuh melawan flu biasa

4. Cukup tidur

Tidur yang cukup sangat penting jika Anda terpapar virus, berdasarkan penelitian yang dipublikasikan di Archives of Internal Medicine. Peserta dewasa sehat yang tidur minimal delapan jam setiap malam selama periode dua minggu menunjukkan ketahanan yang lebih besar terhadap virus. Mereka yang tidur tujuh jam atau kurang setiap malam sekitar tiga persen lebih mungkin untuk mengembangkan virus setelah terpapar.

Salah satu alasannya mungkin adalah tubuh melepaskan sitokin selama periode tidur yang panjang. Sitokin adalah sejenis protein. Mereka membantu tubuh melawan infeksi dengan mengatur sistem kekebalan tubuh.

5. Lewatkan alkohol

Penelitian baru menunjukkan bahwa meminum alkohol dapat merusak sel dendritik tubuh, komponen vital sistem kekebalan. Peningkatan konsumsi alkohol seiring waktu dapat meningkatkan eksposur seseorang terhadap infeksi bakteri dan virus.

Sebuah penelitian dalam jurnal Clinical and Vaccine Immunology membandingkan sel dendritik dan respon sistem kekebalan pada tikus yang diberi alkohol kepada tikus yang belum diberi alkohol. Alkohol menekan kekebalan pada tikus untuk berbagai tingkat. Dokter mengatakan penelitian ini membantu menjelaskan mengapa vaksin kurang efektif untuk orang yang kecanduan alkohol.

6. Tenangkan diri

Selama bertahun-tahun, para dokter menduga ada hubungan antara stres mental kronis dan penyakit fisik. Menemukan cara yang efektif untuk mengatur stres pribadi mungkin akan jauh menuju kesehatan yang lebih baik secara keseluruhan, menurut sebuah studi 2012 yang diterbitkan oleh National Academy of Sciences. Cobalah berlatih yoga atau meditasi untuk menghilangkan stres.

Kortisol membantu tubuh melawan peradangan dan penyakit. Pelepasan hormon secara konstan pada orang yang stres kronis mengurangi efektivitasnya secara keseluruhan. Ini dapat menyebabkan peningkatan peradangan dan penyakit, serta sistem kekebalan tubuh yang kurang efektif.

7. Minum teh hijau

Selama berabad-abad, teh hijau telah dikaitkan dengan kesehatan yang baik. Manfaat kesehatan teh hijau mungkin karena tingginya tingkat antioksidan, yang disebut flavonoid.

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of American College of Nutrition, beberapa cangkir yang baru diseduh sehari dapat menghasilkan manfaat kesehatan yang potensial. Ini termasuk menurunkan tekanan darah dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

Beli teh hijau.

8. Tambahkan warna pada makanan

Apakah Anda kesulitan mengingat untuk memakan buah dan sayuran Anda setiap kali makan? Memasak dengan semua warna pelangi akan membantu Anda mendapatkan berbagai macam vitamin seperti vitamin C.

Beli vitamin C.

Meskipun tidak ada bukti bahwa vitamin C dapat mengurangi tingkat keparahan atau lamanya sakit, sebuah studi tahun 2006 dari European Journal of Clinical Nutrition menunjukkan bahwa vitamin C dapat membantu sistem kekebalan tubuh menangkal flu dan flu, terutama pada mereka yang stres.

9. Jadilah sosial

Dokter telah lama melihat hubungan antara penyakit kronis dan kesepian, terutama pada orang yang baru pulih dari operasi jantung. Beberapa otoritas kesehatan bahkan menganggap isolasi sosial sebagai faktor risiko untuk penyakit kronis.

Penelitian yang diterbitkan oleh American Psychological Association menunjukkan bahwa isolasi sosial dapat meningkatkan stres, yang memperlambat respons imun dan kemampuan tubuh untuk cepat sembuh. Dalam studi tersebut, tikus jantan sedikit lebih rentan terhadap kerusakan dari isolasi sosial daripada wanita.

10. Dapatkan vaksin flu

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit merekomendasikan bahwa semua orang yang berusia lebih dari enam bulan mendapatkan vaksin flu tahunan. Namun, pengecualian harus dilakukan untuk orang-orang tertentu, termasuk mereka yang memiliki reaksi alergi yang parah terhadap telur ayam. Alergi yang parah menyebabkan gejala seperti gatal-gatal atau anafilaksis.

Orang-orang yang memiliki reaksi parah terhadap vaksinasi influenza di masa lalu juga harus menghindari vaksin tahunan. Terkadang, vaksin dapat menyebabkan perkembangan sindrom Guillain-Barré.

11. Praktekkan kebersihan yang baik

Membatasi ekspos terhadap penyakit dengan menghindari kuman adalah kunci untuk tetap sehat. Berikut ini beberapa cara lain untuk mempraktekkan kebersihan yang baik:

    Mandilah setiap hari.
    Cuci tangan Anda sebelum makan atau menyiapkan makanan.
    Cuci tangan Anda sebelum memasukkan lensa kontak atau melakukan aktivitas lain yang membuat Anda berhubungan dengan mata atau mulut.
    Cuci tangan Anda selama 20 detik dan gosok di bawah kuku jari Anda.
    Tutup mulut dan hidung Anda dengan tisu saat batuk atau bersin.
    Membawa pembersih tangan berbasis alkohol untuk digunakan saat bepergian. Bersihkan permukaan bersama, seperti keyboard, telepon, gagang pintu, dan remote control.

12. Jagalah secara pribadi

Virus flu umumnya dapat bertahan hidup di permukaan selama 24 jam, menurut National Health Service. Itu menyisakan banyak waktu bagi kuman menyebar di antara anggota keluarga. Hanya satu anak yang sakit yang bisa menularkan penyakit ke seluruh keluarga di lingkungan yang tepat.

Untuk menghindari berbagi kuman, jauhkan barang-barang pribadi. Barang-barang pribadi termasuk:

    sikat gigi
    handuk
    peralatan
    gelas Gelas minuman

Cuci barang-barang yang terkontaminasi - terutama mainan yang dibagikan - dalam air sabun yang panas. Jika ragu, pilih gelas, peralatan makan, dan handuk sekali pakai.
Bawa pulang

Tetap sehat adalah lebih dari sekadar mempraktekkan beberapa teknik yang baik ketika Anda merasa tidak enak badan. Ini melibatkan olahraga teratur, makanan sehat, dan tetap terhidrasi sepanjang hari.

Tubuh Anda bekerja keras untuk membuat Anda tetap bergerak dan aktif, jadi pastikan untuk memberinya makanan yang dibutuhkan untuk tetap dalam kondisi prima.

1 komentar:

  1. Numpang promo ya Admin^^
    ajoqq^^com
    mau dapat penghasil4n dengan cara lebih mudah....
    mari segera bergabung dengan kami.....
    di ajopk.club....^_~
    segera di add Whatshapp : +855969190856

    BalasHapus