15 Makanan Terbaik untuk Dimakan Saat Anda Sakit

Hippocrates terkenal berkata, "Biarkan makanan menjadi obatmu, dan obat-obatan menjadi makananmu."

Memang benar bahwa makanan dapat melakukan lebih dari sekadar menyediakan energi.

Dan ketika Anda sakit, makan makanan yang tepat lebih penting dari sebelumnya.

Makanan tertentu memiliki sifat kuat yang dapat mendukung tubuh Anda saat melawan penyakit.

Mereka dapat meredakan gejala-gejala tertentu dan bahkan membantu Anda sembuh lebih cepat.

Ini adalah 15 makanan terbaik untuk dimakan ketika sakit.

1. Sup Ayam

Sup ayam telah direkomendasikan sebagai obat untuk pilek umum selama ratusan tahun - dan untuk alasan yang baik.

Ini adalah sumber vitamin, mineral, kalori dan protein yang mudah dimakan, yang merupakan nutrisi yang dibutuhkan tubuh Anda dalam jumlah yang lebih besar saat Anda sedang sakit.

Sup ayam juga merupakan sumber cairan dan elektrolit yang sangat baik, yang keduanya penting untuk hidrasi jika Anda sering bepergian ke kamar mandi.

Tubuh Anda juga akan membutuhkan lebih banyak cairan jika Anda mengalami demam3.

Terlebih lagi, satu studi menemukan sup ayam lebih efektif dalam membersihkan lendir hidung daripada cairan lain yang dipelajari. Ini berarti ini adalah dekongestan alami, mungkin sebagian karena mengeluarkan uap panas.

Alasan lain untuk efek ini adalah ayam mengandung asam amino sistein. N-acetyl-cysteine, suatu bentuk sistein, memecah lendir dan memiliki anti-virus, anti-inflamasi dan efek antioksidan.

Sup ayam juga menghambat aksi neutrofil, yaitu sel darah putih yang dapat menyebabkan gejala seperti batuk dan hidung tersumbat.

Kemampuan sup ayam untuk menghambat sel-sel ini dapat menjelaskan mengapa hal ini sangat efektif terhadap beberapa gejala pilek dan flu.

    Intinya:
    Sup ayam adalah sumber cairan, kalori, protein, vitamin, dan mineral yang baik. Ini juga merupakan dekongestan alami dan dapat menghalangi sel-sel yang menyebabkan batuk dan hidung tersumbat.

2. Kaldu

Mirip dengan sup ayam, kaldu adalah sumber hidrasi yang sangat baik saat Anda sedang sakit.

Mereka penuh rasa dan dapat mengandung kalori, vitamin dan mineral seperti magnesium, kalsium, folat dan fosfor.

Jika Anda meminumnya selagi panas, kaldu juga memiliki manfaat luar biasa untuk bertindak sebagai dekongestan alami karena uap panas.

Meminum kaldu adalah cara yang baik untuk tetap terhidrasi, dan rasa yang kaya dapat membantu Anda merasa puas. Ini sangat membantu jika perut Anda tidak tenang dan Anda tidak dapat menahan makanan padat.

Jika Anda sensitif terhadap garam dan membeli kaldu dari toko, pastikan untuk membeli berbagai natrium rendah karena kebanyakan kaldu sangat tinggi garam.

Jika Anda membuat kaldu dari awal, itu mungkin memiliki lebih banyak manfaat - termasuk kandungan kalori, protein dan nutrisi yang lebih tinggi.

Banyak orang mengoceh tentang manfaat kaldu tulang dan mengklaim itu memiliki banyak sifat penyembuhan, meskipun saat ini tidak ada studi tentang manfaatnya.

Baca artikel ini untuk informasi lebih lanjut tentang kaldu tulang.

    Intinya:
    Minum kaldu adalah cara yang lezat dan bergizi untuk tetap terhidrasi, dan juga bertindak sebagai dekongestan alami ketika panas.

3. Bawang putih

Bawang putih dapat memberikan segala macam manfaat kesehatan.

Ini telah digunakan sebagai ramuan obat selama berabad-abad dan telah menunjukkan efek antibakteri, antiviral dan anti-jamur.

Ini juga dapat merangsang sistem kekebalan tubuh1.

Beberapa studi manusia berkualitas tinggi telah mengeksplorasi efek bawang putih pada flu biasa atau flu, tetapi beberapa telah menemukan hasil yang menjanjikan.

Sebuah penelitian menemukan bahwa orang yang mengonsumsi bawang putih jarang sekali sakit. Secara keseluruhan, kelompok bawang putih menghabiskan sekitar 70% lebih sedikit hari sakit daripada kelompok plasebo.

Dalam studi lain, orang yang mengonsumsi bawang putih tidak hanya jarang sakit, tetapi mereka menjadi lebih baik 3,5 hari lebih cepat daripada kelompok plasebo, rata-rata.

Selain itu, beberapa penelitian menunjukkan bahwa suplemen ekstrak bawang putih yang berusia lanjut dapat meningkatkan fungsi kekebalan tubuh dan menurunkan tingkat keparahan pilek dan flu.

Menambahkan bawang putih ke sup atau kaldu ayam bisa menambah rasa dan membuatnya lebih efektif dalam melawan gejala pilek atau flu.

Lebih detail di sini: Bagaimana Garlic Perkelahian Pilek dan Flu.

    Intinya:
    Bawang putih dapat melawan bakteri, virus dan menstimulasi sistem kekebalan tubuh. Ini membantu Anda menghindari penyakit dan pulih lebih cepat ketika Anda sakit.

4. Air Kelapa

Tetap terhidrasi dengan baik adalah salah satu hal terpenting yang dapat Anda lakukan saat sakit.

Hidrasi sangat penting ketika Anda mengalami demam, keringat banyak atau muntah atau diare, yang dapat menyebabkan Anda kehilangan banyak air dan elektrolit.

Air kelapa adalah minuman yang sempurna untuk diminum ketika Anda sedang sakit.

Selain manis dan beraroma, mengandung glukosa dan elektrolit yang diperlukan untuk rehidrasi.

Studi menunjukkan bahwa air kelapa membantu Anda melembabkan kembali setelah berolahraga dan kasus ringan diare. Ini juga menyebabkan lebih sedikit ketidaknyamanan perut dibandingkan minuman serupa.

Selain itu, beberapa studi pada hewan menemukan bahwa air kelapa mengandung antioksidan yang dapat melawan kerusakan oksidatif dan juga dapat meningkatkan kontrol gula darah.

Namun, satu studi menemukan bahwa itu menyebabkan lebih kembung daripada minuman elektrolit lainnya. Mungkin ide yang baik untuk memulai secara perlahan jika Anda belum pernah mencobanya.

    Intinya:
    Air kelapa memiliki rasa yang manis dan lezat. Ini menyediakan cairan dan elektrolit yang Anda butuhkan untuk tetap terhidrasi saat sakit.

5. Teh panas

Teh adalah obat favorit untuk banyak gejala yang berhubungan dengan pilek dan flu.

Sama seperti sup ayam, teh panas bertindak sebagai dekongestan alami, membantu membersihkan sinus lendir. Perhatikan bahwa teh harus panas untuk bertindak sebagai dekongestan, tetapi seharusnya tidak terlalu panas sampai membuat tenggorokan Anda terganggu.

Anda tidak perlu khawatir tentang teh yang mengalami dehidrasi. Meskipun beberapa teh memang mengandung kafein, jumlahnya terlalu kecil untuk menyebabkan kehilangan air yang meningkat.

Ini berarti bahwa menghirup teh sepanjang hari adalah cara yang bagus untuk membantu Anda tetap terhidrasi sekaligus mengurangi kemacetan pada saat yang bersamaan.

Teh juga mengandung polifenol, yang merupakan zat alami yang ditemukan pada tanaman yang mungkin memiliki sejumlah besar manfaat kesehatan. Ini berkisar dari aksi antioksidan dan anti-inflamasi hingga efek anti-kanker.

Tanin adalah salah satu jenis polifenol yang ditemukan dalam teh. Selain bertindak sebagai antioksidan, tanin juga memiliki sifat antiviral, antibakteri dan anti-jamur.

Satu studi pada tikus menemukan bahwa asam tannic dalam teh hitam dapat menurunkan jumlah jenis bakteri yang umum tumbuh di tenggorokan.

Dalam studi lain, teh hibiscus mengurangi pertumbuhan flu burung dalam tabung uji. Teh echinacea juga memperpendek lamanya gejala pilek dan flu.

Selain itu, beberapa jenis teh khusus dikembangkan untuk meredakan batuk atau sakit tenggorokan terbukti efektif dalam studi klinis.

Semua efek ini menjadikan teh sebagai bagian penting dari diet Anda ketika Anda sedang sakit.

    Intinya:
    Teh adalah sumber cairan yang baik dan bertindak sebagai dekongestan alami ketika panas. Teh hitam dapat menurunkan pertumbuhan bakteri di tenggorokan, dan teh echinacea dapat memperpendek lamanya pilek atau flu.

6. Sayang

Madu memiliki efek antibakteri yang kuat, mungkin karena kandungan senyawa antimikrobanya yang tinggi.

Bahkan, ia memiliki efek antibakteri yang kuat yang digunakan dalam balutan luka oleh Mesir kuno, dan masih digunakan untuk tujuan ini hari ini.

Beberapa bukti menunjukkan bahwa madu juga dapat menstimulasi sistem kekebalan tubuh.

Kualitas ini saja membuat madu menjadi makanan yang sangat baik untuk dimakan ketika sakit, terutama jika Anda mengalami sakit tenggorokan yang disebabkan oleh infeksi bakteri.

Banyak penelitian menunjukkan bahwa madu menekan batuk pada anak-anak. Namun, ingat bahwa madu tidak boleh diberikan kepada anak-anak di bawah 12 bulan.

Campurkan sekitar setengah sendok teh2,5 ml madu dengan segelas susu hangat, air atau secangkir teh. Ini adalah minuman antibakteri yang menghidrasi, batuk-menenangkan.

    Intinya:
    Madu memiliki efek antibakteri dan menstimulasi sistem kekebalan tubuh. Ini juga dapat membantu meredakan batuk pada anak-anak di atas usia 12 bulan.

7. Jahe

Jahe mungkin paling dikenal karena efek anti-mualnya.

Ini juga telah terbukti efektif meredakan mual terkait dengan kehamilan dan pengobatan kanker.

Terlebih lagi, jahe bertindak mirip dengan obat anti-inflamasi non-steroid. Ini juga menunjukkan efek antioksidan, antimikroba dan anti-kanker.

Jadi jika Anda merasa mual atau muntah, jahe adalah makanan terbaik yang tersedia untuk meredakan gejala-gejala ini. Bahkan jika Anda tidak mual, banyak manfaat lain dari jahe membuatnya menjadi salah satu makanan terbaik untuk makan ketika sakit.

Gunakan jahe segar dalam masakan, menyeduh teh jahe atau mengambil ginger ale dari toko untuk mendapatkan manfaat ini. Pastikan saja apa pun yang Anda gunakan mengandung jahe asli atau ekstrak jahe, bukan hanya rasa jahe.

    Intinya:
    Jahe sangat efektif untuk meredakan mual. Ia juga memiliki efek anti-inflamasi dan antioksidan.

8. Makanan Pedas

Makanan pedas seperti cabai mengandung capsaicin, yang menyebabkan rasa panas dan terbakar ketika disentuh.

Ketika cukup tinggi dalam konsentrasi, capsaicin dapat memiliki efek desensitizing dan sering digunakan dalam gel dan patch pereda nyeri.

Banyak orang melaporkan bahwa makan makanan pedas menyebabkan hidung meler, memecah lendir dan membersihkan saluran sinus.

Sementara beberapa penelitian telah menguji efek ini, capsaicin tampaknya mengencerkan lendir, membuatnya lebih mudah untuk dikeluarkan. Semprotan capsaicin nasal telah digunakan dengan hasil yang baik untuk mengurangi kemacetan dan gatal.

Namun, capsaicin juga menstimulasi produksi lendir, jadi Anda mungkin hanya berakhir dengan hidung berair dan bukan yang diisi.

Batuk lega mungkin manfaat lain dari capsaicin. Satu studi menemukan bahwa mengambil kapsul capsaicin meningkatkan gejala pada orang dengan batuk kronis dengan membuat mereka kurang sensitif terhadap iritasi.

Namun, untuk mencapai hasil ini, Anda mungkin perlu makan makanan pedas setiap hari selama beberapa minggu.

Selain itu, jangan mencoba sesuatu yang pedas jika Anda sudah sakit perut. Makanan pedas dapat menyebabkan kembung, nyeri dan mual pada beberapa orang.

    Intinya:
    Makanan pedas mengandung capsaicin, yang dapat membantu memecah lendir tetapi juga merangsang produksi lendir. Ini mungkin efektif untuk meredakan batuk yang disebabkan oleh iritasi.

9. Pisang

Pisang adalah makanan yang enak untuk dimakan ketika Anda sedang sakit.

Mereka mudah dikunyah dan dihaluskan, tetapi juga menyediakan jumlah kalori dan nutrisi yang cukup.

Untuk alasan ini, mereka adalah bagian dari diet BRATpisang, nasi, saus apel, roti panggang yang sering direkomendasikan untuk mual.

Manfaat besar pisang lainnya adalah serat larut yang dikandungnya. Jika Anda mengalami diare, pisang adalah salah satu makanan terbaik yang dapat Anda makan karena serat dapat membantu meredakan diare.

Bahkan, beberapa rumah sakit menggunakan serpihan pisang untuk mengobati pasien dengan diare59.

    Intinya:
    Pisang adalah sumber kalori dan nutrisi yang baik. Mereka juga dapat membantu meredakan mual dan diare.

10. Oatmeal

Seperti pisang, oatmeal hambar dan mudah dimakan sambil menyediakan kalori, vitamin dan mineral yang Anda butuhkan saat sakit.

Ini juga mengandung beberapa protein - sekitar 5 gram dalam 1/2 cangkir.

Oatmeal memiliki beberapa manfaat kesehatan yang kuat lainnya, termasuk merangsang sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan kontrol gula darah61.

Satu penelitian tikus juga menunjukkan bahwa beta-glucan, sejenis serat yang ditemukan dalam oat, membantu mengurangi peradangan di usus. Ini bisa membantu meringankan gejala seperti kram usus, kembung dan diare.

Namun, hindari membeli oatmeal dengan rasa artifisial dengan banyak tambahan gula. Sebagai gantinya, tambahkan sedikit madu atau buah untuk memberikan lebih banyak manfaat.

    Intinya:
    Oatmeal adalah sumber nutrisi yang baik dan mudah untuk dimakan. Ini dapat merangsang sistem kekebalan tubuh Anda, meningkatkan kontrol gula darah dan mengurangi peradangan pada sistem pencernaan.

11. Yoghurt

Yogurt adalah makanan yang sangat baik untuk dimakan ketika sakit.

Ini menyediakan 150 kalori dan 8 gram protein per cangkir. Ini juga dingin, yang bisa menenangkan tenggorokanmu.

Yoghurt juga kaya kalsium dan penuh dengan vitamin dan mineral lainnya63.

Beberapa yogurt juga mengandung probiotik bermanfaat.

Bukti menunjukkan bahwa probiotik dapat membantu anak-anak dan orang dewasa lebih sering pilek, lebih cepat sembuh ketika sakit dan mengambil lebih sedikit antibiotik.

Satu studi menemukan bahwa anak-anak yang mengonsumsi probiotik merasa lebih baik rata-rata dua hari lebih cepat, dan gejala mereka sekitar 55% lebih ringan.

Beberapa orang melaporkan bahwa asupan susu mengentalkan lendir. Namun, beberapa penelitian menunjukkan bahwa asupan susu tidak menyebabkan perubahan pada batuk, produksi kemacetan atau lendir, bahkan di antara mereka yang sakit.

Meskipun demikian, jika Anda merasa bahwa produk buku harian memperburuk kemacetan Anda, cobalah makanan fermentasi lain yang mengandung probiotik atau suplemen probiotik.

    Intinya:
    Yoghurt mudah dimakan dan sumber kalori, protein, vitamin dan mineral yang baik. Beberapa yogurt juga mengandung probiotik, yang dapat membantu Anda menjadi kurang sering sakit dan menjadi lebih cepat lebih cepat

12. Buah-buahan Tertentu

Buah-buahan bisa bermanfaat ketika sakit.

Mereka kaya akan sumber vitamin, mineral dan serat, yang mendukung tubuh dan sistem kekebalan tubuh Anda70.

Beberapa buah juga mengandung senyawa bermanfaat yang disebut anthocyanin, yaitu jenis flavonoid yang memberi warna merah, biru, dan ungu. Beberapa sumber terbaik adalah stroberi, cranberry, blueberry dan blackberry.

Anthocyanin membuat berry makanan yang sangat baik untuk dimakan ketika sakit karena mereka memiliki efek anti-inflamasi, antiviral dan meningkatkan kekebalan yang kuat.

Beberapa penelitian menemukan bahwa ekstrak buah yang tinggi dalam anthocyanin dapat menghambat virus dan bakteri umum untuk menempel pada sel. Mereka juga menstimulasi respon imun tubuh.

Secara khusus, buah delima memiliki efek antibakteri dan antiviral yang kuat yang menghambat bakteri dan virus yang terbawa makanan, termasuk E. coli dan salmonella.

Meskipun efek ini tidak selalu memiliki dampak yang sama pada infeksi di dalam tubuh seperti di laboratorium, mereka mungkin memiliki beberapa dampak.

Bahkan, satu review menemukan bahwa suplemen flavonoid dapat mengurangi jumlah hari orang sakit dengan dingin dengan kekalahan 40%.

Tambahkan beberapa buah ke semangkuk oatmeal atau yogurt untuk manfaat tambahan atau perpaduan buah beku ke dalam smoothie dingin yang menenangkan tenggorokan Anda.

    Intinya:
    Banyak buah mengandung flavonoid yang disebut anthocyanin yang dapat melawan virus dan bakteri serta menstimulasi sistem kekebalan tubuh. Suplemen flavonoid juga bisa bermanfaat.

13. Alpukat

Alpukat adalah buah yang tidak biasa karena rendah karbohidrat tetapi tinggi lemak.

Secara khusus, itu tinggi lemak tak jenuh tunggal yang sehat, jenis lemak yang sama yang ditemukan dalam minyak zaitun.

Alpukat juga merupakan sumber serat, vitamin dan mineral.

Alpukat adalah makanan hebat ketika sakit karena mereka menyediakan kalori, vitamin, dan mineral yang dibutuhkan tubuh Anda. Mereka juga lembut, relatif hambar dan mudah dimakan.

Karena lemak sehat mengandung alpukat, terutama asam oleat, mereka membantu mengurangi peradangan sementara juga memainkan peran dalam fungsi kekebalan tubuh.

    Intinya:
    Alpukat penuh dengan vitamin, mineral dan lemak sehat yang dapat menurunkan peradangan dan merangsang sistem kekebalan tubuh.

14. Sayuran berdaun hijau

Sangat penting untuk mendapatkan semua vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh Anda saat sakit, tetapi itu bisa sulit dilakukan dengan diet "makanan sehat" yang khas.

Sayuran hijau seperti bayam, selada romaine dan kale penuh dengan vitamin, mineral dan serat. Mereka sangat baik sumber vitamin A, vitamin C, vitamin K dan folat4.

Sayuran hijau gelap juga sarat dengan senyawa tanaman bermanfaat. Ini berfungsi sebagai antioksidan untuk melindungi sel dari kerusakan dan membantu melawan peradangan85.

Sayuran hijau juga telah digunakan untuk sifat antibakteri mereka.

Tambahkan bayam ke telur dadar untuk makan cepat, kaya nutrisi, kaya protein. Anda juga bisa mencoba memasukkan segenggam kale ke dalam smoothie buah.

    Intinya:
    Sayuran hijau berdaun penuh dengan serat dan nutrisi yang Anda butuhkan saat sakit. Mereka juga mengandung senyawa tanaman bermanfaat.

15. Salmon

Salmon adalah salah satu sumber protein terbaik untuk dimakan ketika sakit.

Ini lembut, mudah dimakan dan penuh dengan protein berkualitas tinggi yang dibutuhkan tubuh Anda.

Salmon sangat kaya asam lemak omega-3, yang memiliki efek anti-inflamasi yang kuat.

Salmon juga merupakan sumber yang baik dari banyak vitamin dan mineral, termasuk vitamin D, yang banyak orang kurang. Vitamin D memainkan peran dalam fungsi kekebalan tubuh.

    Intinya:
    Salmon adalah sumber protein yang sangat baik. Ini juga mengandung asam lemak omega-3 dan vitamin D, yang melawan peradangan dan meningkatkan fungsi kekebalan tubuh.

Ambil Pesan Rumah

Istirahat, minum cairan dan mendapatkan nutrisi yang tepat adalah beberapa hal terpenting yang dapat Anda lakukan untuk merasa lebih baik dan pulih lebih cepat ketika sakit.

Tetapi beberapa makanan memiliki manfaat yang melampaui hanya menyediakan tubuh Anda dengan nutrisi.

Meskipun tidak ada makanan yang dapat menyembuhkan penyakit, makan makanan yang tepat dapat mendukung sistem kekebalan tubuh Anda dan membantu meredakan gejala-gejala tertentu.

1 komentar:

  1. Numpang promo ya Admin^^
    ajoqq^^com
    mau dapat penghasil4n dengan cara lebih mudah....
    mari segera bergabung dengan kami.....
    di ajopk.club....^_~
    segera di add Whatshapp : +855969190856

    BalasHapus