Fakta Menarik Tentang Sistem Kekebalan Tubuh

Sistem kekebalan Anda adalah versi tubuh Anda dari militer: disumpah untuk membela terhadap semua orang yang mengancamnya, baik asing maupun domestik. Ia memiliki beberapa tentara yang benar-benar menarik yang membantu mewujudkan hal ini.

Sistem kekebalan Anda melindungi terhadap penyakit, infeksi, dan membantu Anda pulih setelah cedera.

Sungai darah dan getah bening

Sistem kekebalan tubuh adalah sistem pertarungan kompleks yang didukung oleh lima liter darah dan getah bening. Getah bening adalah cairan yang jernih dan tidak berwarna yang mengalir ke seluruh jaringan tubuh.

Bersama-sama, kedua cairan ini mengangkut semua elemen sistem kekebalan sehingga mereka dapat melakukan pekerjaan mereka.

Sel-sel putih (ksatria)

Seperti ksatria putih yang membunuh seekor naga, sel-sel darah putih menyerang peperangan saat ada masalah. Ada dua jenis sel darah putih: fagosit dan limfosit.

Phagocytes dapat bergerak melalui pembuluh darah dan jaringan untuk menelan atau menyerap penjajah. Phagocytes menargetkan organisme yang menyebabkan penyakit (atau patogen) dan racun. Racun adalah racun alami yang dihasilkan oleh beberapa organisme sebagai bentuk perlindungan. Kadang-kadang ketika fagosit telah menyerap patogen, ia mengirim zat kimia yang membantu limfosit mengidentifikasi patogen jenis apa itu.

Setiap patogen membawa jenis antigen tertentu, dan setiap limfosit di tubuh Anda membawa antibodi yang dimaksudkan untuk melawan antigen yang dibawa oleh patogen. Ada tiga jenis utama limfosit dalam tubuh: sel B, sel T, dan sel pembunuh alami.

Sel B menciptakan antibodi yang menyerang bakteri, virus, dan racun yang masuk ke dalam tubuh. Sel T membunuh sel di dalam tubuh yang telah diambil alih oleh virus atau yang telah menjadi kanker. Seperti sel T, sel pembunuh alami membunuh sel yang terinfeksi atau kanker. Tapi bukannya menghasilkan antibodi, mereka membuat enzim khusus, atau kimia, yang membunuh sel.

Tubuh Anda menciptakan antibodi baru setiap kali terinfeksi antigen baru. Jika antigen yang sama menginfeksi Anda untuk kedua kalinya, tubuh Anda dapat dengan cepat membuat salinan antibodi yang sesuai untuk menghancurkannya.

Para prajurit pemberani ini hanya hidup hingga beberapa minggu, jadi itu hal yang baik ada banyak dari mereka - setetes darah dapat berisi hingga 25.000 sel darah putih.

Demam dan peradangan merupakan tanda yang baik

Memiliki demam dan peradangan dapat menjadi tidak menyenangkan, tetapi itu pertanda bahwa tubuh Anda melakukan tugasnya. Demam melepaskan sel darah putih, meningkatkan metabolisme, dan menghentikan organisme tertentu berkembang biak.

Peradangan terjadi ketika masing-masing sel yang rusak melepaskan histamin. Histamin menyebabkan dinding sel membesar. Ini menciptakan kemerahan, panas, rasa sakit, dan pembengkakan peradangan. Akibatnya, tubuh Anda membatasi efek iritasi.

Tidur sekarang atau selamanya pegang kedamaian Anda

Apakah Anda telah berlari seperti orang gila, dan tiba-tiba menemukan diri Anda sakit? Itu sistem kekebalan Anda yang membalas dendam.

Jika Anda tidak tidur lebih dari lima jam setiap malam, sistem kekebalan Anda bisa menjadi depresi, sama seperti Anda. Ini membuat Anda terbuka terhadap pilek, flu, dan infeksi.

Beberapa matahari bagus

Paparan sinar matahari adalah bagaimana tubuh Anda secara alami memproduksi vitamin D. Ini membantu menangkal berbagai hal buruk seperti depresi, penyakit jantung, dan kanker tertentu. Itu bahkan bagus untuk orang-orang dengan gangguan autoimun.

Orang yang berkulit putih hanya membutuhkan sekitar 10 menit pada hari yang cerah untuk mendapatkan semua vitamin D yang mereka butuhkan. Namun, terlalu banyak sinar matahari dapat menyebabkan kerusakan sementara pada sistem kekebalan Anda dan akhirnya mengarah pada kanker kulit. Ingatlah bahwa matahari itu baik, tetapi Anda perlu melindungi kulit Anda ketika Anda berencana untuk menghabiskan waktu di luar.

Pakar perawatan kulit merekomendasikan semua orang memakai tabir surya dengan perlindungan spektrum luas UVA dan UVB, Sun Protection Factor (SPF) 30 atau lebih tinggi, dan tahan air. Ketika matahari sangat kuat, Anda juga harus mengenakan pakaian pelindung, seperti:

    kaos lengan panjang
    celana panjang
    topi lebar bertepi
    kacamata hitam

Selain itu, sebagian besar tetap di tempat teduh ketika sinar matahari paling kuat, antara jam 10 pagi dan 2 malam.

Stres merusak sistem kekebalan Anda

Sistem kekebalan Anda siap untuk apa pun yang dapat Anda lempar. Tetapi itu hanya bisa menangani begitu banyak.

Stres memiliki efek signifikan pada sistem kekebalan Anda. Selama stres, serangkaian acara mengeluarkan hormon kortisol, adrenalin, dan hormon stres lainnya dari kelenjar adrenal. Bersama-sama mereka membantu tubuh Anda mengatasi stres. Normalnya, kortisol sangat membantu karena mengurangi peradangan dalam tubuh yang dihasilkan dari respon imun yang disebabkan oleh stres.

Tetapi jika seseorang stres kronis, hormon stres dapat mempengaruhi cara tubuh berfungsi seiring waktu. Ini meningkatkan risiko masalah kesehatan Anda, termasuk:

    kegelisahan
    depresi
    masalah pencernaan
    penyakit jantung
    gangguan tidur
    penambahan berat badan
    masalah dengan memori dan konsentrasi

Penting untuk menemukan cara yang sehat untuk mengatasi stres Anda. Ini akan mengurangi risiko stres jangka panjang dan masalah kesehatan terkait. Beberapa cara bagus untuk mengurangi stres meliputi:

    meditasi
    yoga
    akupunktur
    terapi bicara
    terapi seni
    olahraga
    makan dengan sehat

Tertawa membantu sistem kekebalan Anda

Pepatah mengatakan bahwa tawa adalah obat terbaik, dan ada kebenarannya. Tawa melepaskan dopamin dan bahan kimia yang terasa baik lainnya di otak, yang semuanya dapat membantu mengurangi stres.

Dua puluh menit tawa sehari tidak dapat menjauhkan dokter, tetapi ini dapat membantu menjaga sistem kekebalan Anda berfungsi dengan baik.

Kuman membuat Anda sehat

Usus Anda dipenuhi dengan berton-ton bakteri dan hal-hal lain untuk membantu Anda mencerna makanan Anda. Tetapi kuman di luar tubuh Anda biasanya dianggap sebagai keji dan menjijikkan. Meskipun beberapa di antaranya mungkin benar, Anda perlu kuman itu untuk tetap sehat.

Sistem kekebalan Anda dapat beradaptasi, itulah sebabnya mengapa manusia telah ada begitu lama. Setelah tubuh Anda bersentuhan dengan zat asing, ia menyerang dan mengingatnya. Jika kembali, tubuh Anda tahu apa yang harus dilakukan. Ini paling jelas dengan campak: satu infeksi biasanya cukup untuk melindungi Anda seumur hidup.
Alergi

Siapa saja yang mengalami alergi musiman atau demam mungkin ingin mengutuk setiap molekul serbuk sari atau bulu di sekitar mereka. Partikel mikroskopis ini menyebabkan pelepasan histamin, yang menciptakan beberapa gejala alergi yang buruk.

Alergi tidak mempengaruhi semua orang. Itu disebabkan ketika tubuh Anda melakukan kesalahan pada sesuatu yang tidak berbahaya, seperti serbuk sari atau sejenis makanan, sebagai patogen. Tubuh Anda meluncurkan respons imun terhadapnya, menyebabkan Anda mengalami gejala alergi.
Gangguan autoimun

Kadang-kadang sistem kekebalan tubuh Anda menyerang jaringan di dalam tubuh, menyebabkan penyakit. Ini disebut autoimunitas.

Kebanyakan sistem kekebalan tubuh terbiasa dengan jaringan mereka sendiri sebelum mereka dilahirkan. Mereka melakukan ini dengan mematikan sel-sel yang akan menyerang mereka. Gangguan autoimun adalah ketika tubuh keliru menyerang jaringan sehat. Inilah yang terjadi pada orang dengan penyakit autoimun seperti:

    multiple sclerosis
    lupus
    radang sendi
    psorias

Penyakit ini diobati dengan obat-obatan yang menekan sistem kekebalan tubuh.
Menjaga sistem kekebalan Anda kuat

Sistem kekebalan Anda bekerja keras untuk melindungi Anda setiap hari, tetapi ada hal-hal yang dapat Anda lakukan untuk membantu:

    Tidur yang nyenyak. Tubuh Anda tidak dapat berfungsi dengan benar jika Anda tidak tidur nyenyak.
    Praktekkan kebersihan yang baik. Mencuci tangan Anda secara teratur dapat mencegah infeksi.
    Makan diet seimbang dan banyak berolahraga. Makan makanan bergizi dan tetap aktif akan membantu tubuh Anda melawan infeksi.

1 komentar:

  1. Numpang promo ya Admin^^
    ajoqq^^com
    mau dapat penghasil4n dengan cara lebih mudah....
    mari segera bergabung dengan kami.....
    di ajopk.club....^_~
    segera di add Whatshapp : +855969190856

    BalasHapus